Tips Wawancara Kerja #Gayaku

Postingan kali ini muncul dalam benak saya ketika tadi siang ada teman saya bertanya. "Kamu kan sedikit banyak tahu tentang psikologi ya, boleh si berbagi pengalaman atau bagaimana si wawancara yang baik?" tanya teman kepadaku. Saya hanya cengar-cengir, mau bilang tahu tapi nanti dikira sok tahu dan gak bener. Tetapi pengalaman sejauh ini dan dari teori saat kuliah dulu ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk wawancara kerja.  Ini dia beberapa hal yang perlu dipersiapkan.
1.Pra wawancara
Siapkan segala hal berkas, termasuk sertifikat keahlian kamu dan sesuai dengan posisi kerja yang kamu lamar. Penampilan jangan lupa, good looking mesti jadi perhatian sebelum mengikuti wawancara. Pakailah pakaian formal dengan warna yang berani tapi tidak menantang, kalem tapi gagah. contohnya bisa kamu pilih warna coklat, merah tua, biru tua, atau biru laut. Penampilan gaya rambut, kumis dan kebersihan muka dilihat kembali.
Ketenangan batin sebelum wawancara juga kudu di jaga, bolehlah sebelumnya cukupkan istirahat dan bisa konsumsi coklat 30 menit sebelum  wawancara di mulai.
2. Saat wawancara
Masuklah ke dalam ruangan wawancara setelah namamu dipanggil, bawalah segala hal yang kamu persiapkan sebelumnya termasuk sertifikat pendukung. Jangan lupa tampangmu kudu fresh dan penuh antusias, senyum melebar tanpa kelihatan giginya boleh kamu  aplikasikan sembari dipersilakan duduk oleh pewawancara.
Duduklah dengan tenang, taruhlah berkas yang di butuhkan di atas meja untuk diperiksa kesesuainya oleh pewawancara. Duduklah tanpa membungkuk, luruskan punggung anda tapi tidak tegang, taruh tangan anda di paha anda, kaki lurus ke bawah tanpa  gerakan yabg tidak teratur. Ketika anda tegang, bolehlah sedikit mengurangi dengan cara remaslah tangan anda sendiri, genggamlah sekuat-kuatnya dan tarik nafas panjang lalu fokus pada pewawancara.
Ketika pewawancara mulai melancarkan aksinya, maka jawablah ketika pewawancara telah selesai mengutarakan pertanyaanya. Jawablah sesederhana mungkin, to the point, sesuai dengan apa yang ditanyakan, dan sudah mewakili kelebihan/keunggulan skill anda. Ketika ditanyakan motivasi anda, jawablah dengan jawaban bahwa "anda memang memiliki keahlian disana, potensi anda akan semakin optimal ketika bergabung dengan perusahaan tersebut, dan memang sangat menarik untuk bisa bekerjasama dengan perusahaan yang sejalan dengan skill dan passion kamu"
3.Pasca Wawancara
Kembalilah segera ketika wawancara telah selesai, pastikan kapan masa pengumuman hasil wawancara, dalam rentang waktu 1 minggu atau 2 minggu atau 1 bulan. Tunggulah HP anda berdering. Jangan lupa sembari menunggu pengumuman wawancara, carilah peluang kerja lain.

Demikian sedikit tips wawancara gayaku. Semoga bermanfaat


Comments