Responsibility

Rutinitas pagi hari yaitu berangkat kuliah seperti biasa. Sebagai mahasiswa PPG SM3T di LPTK Unnes, saya bersiap diri untuk berangkat ke kampus. Sampai depan asrama saya mendapati pertanyaan yang sederhana tetapi cukup mengena.
"kamu kok rajin sekali?" tanya seseorang padaku. Tanpa  merasa terbebani aku pun menjawab, "maksudnya?". Karena saya sendiri memang tak paham betul bagaimana bisa orang tersebut melontarkan pertanyaan itu padaku. Setelah ditelisiki, alasan pernyataan tersebut muncul yaitu karena teman-teman yang lain masih santai, belum siap-siap, bahkan masih ada yang tertidur diranjang asrama. Sedangkan saya sudah siap untuk berangkat.
Jam pada saat itu menunjukan pukul 07.10 menit. Saya cukup menjawab dengan ketawa dan jawaban singkat, "ya gak apa-apa karena setiap orang memiliki kebiasaan dan kepribadian masing-masing." jawabku. Ternyata tidak berhenti pada hal tersebut, masih saja ada pertanyaan lanjutan yang tidak saya duga yaitu "apa motivasimu untuk bertindak demikian? atau jangan-jangan karena kau ingin segera bertemu dengan seseorang" candanya padaku. Saya sedikit tertegun dengan pertanyaan tersebut, sejenak saya jawab sekenanya dan seadanya yaitu "tidak lain karena memang ini tanggungjawab saya, yaitu karena memang nanti kuliah dimulai pukul 07.30." Percakapan masih berlanjut, "lalu kenapa yang lain masih bisa santai?". Jawaban dari pertanyaan tersebut yaitu karena memang pada hari ini dosen akan terlambat masuk kelas, jadi teman-teman sebenarnya bisa lebih santai untuk pergi ke kampus. "Oh jadi seperti itu? timpalnya".

Teman, di sini saya ingin berbagi pemahaman bahwa nilai yang penting untuk ditanamkan pada diri salah satunya yaitu nilai tanggungjawab (responsibility). Kita memang memiliki kebebasan untuk memilih aturan mana yang akan kita abaikan dan aturan mana yang akan kita patuhi, tapi bukan berati kalian bisa bebas dari satu hal yang namanya tanggungjawab.
Bertanggungjawablah, maka kamu akan banyak belajar bahwa hidup itu tak sekedar kamu dan memenuhi hasrat kebahagiaanmu.

Comments