Lets Go ENJ 2017

Pada hari ini 19 Agustus 2017 saya berkesempatan untuk bergabung dengan program dari menteri komando kemaritiman RI, yaitu program ENJ (Ekspedisi Nusantara Jaya) anggaran 2017. Dengan program ini, pemerintah berharap cita-cita Indonesia menjadi poros maritim dunia bisa terwujud. Ya meskipun ini hanya program kecil, namun digadang gadang dapat meningkatkan kecintaan pemuda Indonesia untuk kembali mencintai Kemaritiman Indonesia. Bagaimana mungkin bangsa dengan ribuan kepulauan namun pemudanya tidak menyukai pelayaran? Ingat bukan, ada lagu terkenal dengan potongan bait yang berbunyi "nenek moyanhku, orang pelaut"? Lah kalo cucunya ditanya pernah berlayar? Pernah melihat lautan lepas? dengan jawabannya "tidak!" lah gimana masa depan dunia kelautan Indonesia. Sudah lah tidak mau muluk-muluk,intinya dengan program ini pemuda makin cinta dengan kemaritiman indonesia, sekaligus menghadirkan negara dalam bingkai kegiatan sosial,pendidikan,kesehatan,infrastruktur atau apapun yang penting bermanfaat untuk saudara-saudara kita di dartah kepulauan yang jarang tersentuh oleh "keberpihakan kebijakan" untuk mereka.


Sekilas info, kali ini saya berangkat dari rumah saya asal Kebumen dengan KA Logawa menuju Surabaya. Dengan tiket KA 74.000+Adm 7.500 saya mulai memperjuangkan kesempatan untuk andil menjadi bagian negara yang hadir untuk mereka (red:orang kepulauan). Jangan kira uang tiket KA akan digantikan oleh kementerian kemaritiman ya, pada dasarnya program ini hanya memberikan dana untuk tiket kapal perintis PP, akomodasi kegiatan, uang makan peserta, uang untuk kegiatan, dan jangan lupa kita wajib mencari sponsor untuk dukungan kegiatan. Dari kabar, tidak semua dana yang diajukan oleh tim dipenuhi semua oleh pemerintah. Tapi tak perlu hawatir, setiap peserta juga dapat uang saku, atribut ENJ berupa baju PDL dengan tas ransel ditambah kaos ENJ.
Perlu saya kasih bocoran ya, saya akan berlayar dari pelabuhan banyuwangi menuju kepulauan kangean di Kab.Sumenep madura (penasaran googling saja Kep.Kangean). Saya tergabung dengan tim ENJ Jatim 1. Mengapa saya naik KA dengan tujuan Surabaya? Karena saya akan transit dengan tim terlebih dahulu dan koordinasi lebih lanjut berkait dengan kegiatan. Setelahnya,barulah tanggal 20 Agustus saya bersama tim menuju Banyuwangi dengan KA lain.Tanggal 21 Agustus 2017 barulah saya bersama tim ENJ JATIM 1 2017 berlayar dengan kapal SANUS (Sabuk Nusantara) 27. Kenapa namanya sabuk nusantara? Lain kali lah boleh saya ceritakan.
Cukup dululah ceritaku,Jayalah Negeriku, dan marilah Bersama Membangun Negeri.

Comments