Inspirasi di Ujung Negeri

Kamis, 24 Agustus 2017 saya beserta 8 teman saya mencoba menjadi ujung inspirasi pemuda generasi Indonesia di SMAN 1 Arjasa. Kami ber 9 adalah tim devisi Pendidikan ENJ JATIM 1 tahun 2017. Kami memiliki beberapa program kegiatan unggulan, salah satu program yang kami usung yaitu kelas indpirasi di ujung negeri ENJ 2017.

Sasaran kelas inspirasi kali ini yaitu siswa kelas XII SMA, tidak lain tujuanya yaitu untuk meningkatkan dan menciptakan mimpi-mimpi pada siswa kelas XII SMA untuk meraih yang ia inginkan, terutama berkaitan dengan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Namun, bukan berarti mereka harus melanjutkan ke perguruan tinggi, boleh jika mereka langsung memilih lerja setelah kuliah ataupun di rumah bekerja membantu orang tua.
Pada kesempatan itu, tim kami memasuki 3 kelas dengan 2 inspirator untuk masing-masing kelas. Selama lebih kurang 50 menit, tim kami berkolaborasi untuk memberikan inspirasi kepada semua siswa. Kami memyampaikan dari bagian kenapa perlu melanjutkan perguruan tinggi, kemana perguruan tinggi yang bagus, bagaimana memilih perguruan tinggi, bagaimana mendapatkan beasiswa serta apa saja jalur masuk yang ada.
Ternyata pihak guru dan stakeholder sekolah menyambut maksud kedatangan kami, tidak hanya kelas XII yang kami masuki, di luar perkiraan saya  bahwa siswa kelas XI pun tertarik untuk mengikutinya. Kami masuk dan memberikan inspirasi kelas XI juga. Semua sangat antusias.
Jujur kami merasakan kelelahan dan kewalahan untuk memenuhi dan menjawab setiap pertanyaan siswa yang kami beri inspirasi. Mereka memiliki tingkat antusias tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, terlebih dengan tersedianya banyak beasiswa untuk mereka. Kami tutup kegiatan dengan memberikan kesempatan pada siswa membuat grouo khusus tindak lanjut atau percakapan lanjutan keinginan mereka melanjutkan ke perguruan tinggi secara online pada kami.

Comments