Siap Memilih Jurusan SNMPTN?

Bagi kalian yang saat ini duduk di kelas XII SMA atau SMK pastinya sedang memiliki banyak agenda ya? Dari Try out UNBK, persiapan ujian praktik, persiapan USBN dan UNBK yang seseungguhnya plus persiapan untuk masuk ke PT (Perguruan Tinggi) pilihan atau mau bekerja.
Ngomong-ngomong melanjutkan ke PT pilihan, bagi kelas XII SMA/SMK mestinya sudah tau dong kalau SNMTPN 2018 siap untuk dibuka gerbangnya untuk kalian. Kalain tidak perlu pusing, kalian cukup pilih sesuai dengan hati dan cari dimana senyum mu. Artinya, jurusan dimana kamu bisa tersenyum saat membayangkan kamu jadi mahasiswanya ya. Tidak usah muluk-muluk analisanya. Akan tetapi kalian jg perlu mengukur nilaimu, level universitas pilihanmu dan tingkat keketatan masuk ke jurusan itu. Untuk membantu kalian, berikut tips menetapkan pilihan jurusan di universitas sesuai urutan prioritas.

1. Pilihlah Universitas di luar provinsimu yang menurutmu keren dan kamu yakin mampu bersaing disana.
2. Pilihlah 2 jurusan yang memang kamu harapkan bisa jadi salah satu bagian mahasiswanya.
3. Pilihlah Universitas pilihan ke dua di provinsimu dan menurutmu kamu sangat sangat layak masuk kesana, lalu pilihlah satu jurusan yang bisa dibilang sama dengan jurusan pilihan pertama di Universitas luar provinsi yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Lah lalu, bagaimana menentukan pilihan Jurusan di Universitas pertama yang di luar provinsi? Pastikan kamu memilih jurusan yang sangat kamu inginkan dipilihan pertama, dan pilihan kedua boleh saja kamu memilih jurusan yang tidak juga kamu inginkan tp mungkin kamu cukuo bahagia asalkan diterima di Universitas tersebut.

Memilih universitas sebenarnya adalah tentang prioritas dan kemampuan, kalian cukup memadukan prioritasmu yang mana dan apakah kamu mampu disana. Lalu, kalian sedikit abaikanlah catatan dari kakak kelas yang katanya abcesfgh tetapi tidak tertulis di pedoman SNMPTN, kenapa?ya karena mereka memang bukan panitianya. Make it simple kan? Tak perlu saya bertele tele menjelaskan untuk kalian. Keep tenang dan tetap ikuti kata hatimu. Kamu juga tidak harus mengikuti yang saya tuliskan di blog ini, ini lata hati saya demikian, and so how with your heart?


Oke,intinya kalian itu tidak perlu aktif melulu di medsos, kalian cukup pantengi informasi dan panduan lengkap di web smptn.ac.id || Budayakan membaca sebelum bertanya. Oke?
Good luck.

Comments