SNMPTN 2018

Wahai kalian yang rindu kemenangan, wahai kalian yang turun ke jalan........

Itulah lagu yang sering dipekikan oleh para mahasiswa baru di kampus-kampus di Indonesia. Meskipun lirik ini ramai saat musim reformasi sekitar tahun 1997-1999an. Saat masa pergantian dari orde baru menuju reformasi. 
Wahai kalian calon mahasiswa baru. Sudah siapkah kalian bersaing secara sehat untuk masuk ke kampus impian? Gratis, mudah, tanpa tes tak pake ribet. Yes yo are right, SNMPTN! Terkenal dengan SNMPTN yang arti sesungguhnya yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri serentak se indonesia sudah siap dibuka. Apa syarat-syaratnya? Berikut hal penting yang perlu diperhatikan.
1. Sekolahmu memiliki NPSN, kamu bisa tanyakan hal ini pada guru di sekahmu
2. Pastikan kamu memiliki NISN sebagai syarat mutlak mendaftar SNMPTN
3. Pastikan sekolahmu menginput nilaimu dari semester 1-5 pada template PDSS dan menguploadnya di laman snmptn.ac.id
4. Jika sekolahmu Akreditasinya A maka yang bisa mengikutinya adalah mereka yang 50% terbaik di sekolah, sedangkan Akreditasi B porsinya 30% terbaik di sekolah dan jika C maka 10% terbaik di sekolahmu.
5. Setelah kamu memastikan sekolah mengupload pdss, tunggu seleksi dari pusat yang akan menentukan apakah kamu berhak mengikuti snmptn atau tidak. 
Catatan: meskipun masuk ke pdss, bukan berarti kalian dipastikan akan bisa mengikuti seleksi melalui jalur ini.
6. Setelah pengumuman dan kamu termasuk salah satu siswa yang berhak mendaftar dan ikut seleksi SNMPTN, langsung saja kalian daftar di kampus yang kalian impikan. 
Oh iya berikut jadwal SNMPTN 2018

Jangan sampai tertinggal ya! Catet!
Bagaimana cara mendaftar dan memilih jurusan di PTN yang tepat sesuai aturan panitia SNMPTN? Tunggu post selanjutnya ya. 

Comments