Mengenali Gaya Belajarmu

Halo anak-anak, 
Pada pertemuan kali ini akan saya paparkan materi yang cukup sederhana untuk kalian, Gaya Belajar. Konsep yang sederhana sebenarnya, tapi jika kalian benar-benar tahu dan paham betapa pentingya mengetahui gaya belajar masing-masing dari kalian, kalian akan tersadar bahwa setiap kalian tahu tentang diri kalian secara tepat maka kalian bisa mengarahkan diri kalian secara tepat pula. Dengan gaya belajar yang tepat, kalian akan bisa mendapatkan strategi belajar yang tepat sehingga materi yang kalian pelajari bisa dapat dipahami dan diterima oleh daya ingat kalian secara cepat, mudah dan tepat.
Sebagai contoh pak guru sendiri. Pak guru mengetahui bahwa pak guru model belajarnya itu harus memahami konsep secara mandiri entah itu dengan baca atau dengan mendengarkan dari orang bicara/ bicara sendiri/ atau dengan mendengarkan youtube. Kemudian dari pemahaman konsep tersebut saya harus mengupasnya secara mandiri dengan berbagai macam cara, misalnya dengan menuliskan kembali materi yang sudah saya baca/ dengarkan, atau menceritakan/ menjelaskan materi yang saya pahami kepada orang lain. Dengan cara seperti ini, pak guru paham bahwa pak guru akan lebih mudah dan lebih tepat dalam menguasai materi pembelajaran dengan metode seperti itu.
Begitu kiranya gambaran tentang gaya belajar. 
Saya percaya setiap orang memiliki keistimewaan masing-masing. Kekuatanya masing-masing, ada yang unggul pada kemampuan mendengarnya, ada yang unggul kemampuan melihatnya, ada yang unggul kemampuan gerak motoriknya, ada yang unggul kemampuan afeksinya.
Silakan kalian baca materi berikut, kemudian cobalah isi kuesioner secara mandiri dan termasuk pada kategori gaya belajar manakah kalian?




Silakan kalian kerjakan secara mandiri, kira-kira kalian masuk pada kategori belajar yang mana. Kemudian diterapkan dalam aktifitas belajar kalian.
Jangan lupa isi lembar kerja di bawah ini
Berikut link Laiseg/Tugas: http://gg.gg/Laiseg-BK . 

Comments