MULTIPLE INTELLIGENCE INVENTORY

Pertemuan sebalumnya, kita sudah membahas tentang IQ, EQ, SQ, dan AQ. Semoga kalian sudah memahami tentang penjelasan masing-masing. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas sedikit tentang Multiple Intelligence, atau bisa kita setarakan untuk mengukur kecerdasan pada bagian IQ. Akan tetapi tidak selengkap dan sekomplek pada IQ. Berikut penjelasan untuk Multiple Intelligence Inventory.



Gardner dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind: Teori Multiple Intelegences tahun 1983 mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, menciptakan suatu (produk) yang bernilai dalam suatu budaya.

Beberapa hal yang diukur pada Inventory ini yaitu:

1. Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menyusun pikiran dengan jelas dan mampu mengungkapkannya melalui kata-kata seperti berbicara, membaca atau menulis.

2. Kecerdasan matematis-logis adalah kemampuan untuk menangani bilangan dan perhitungan, serta pola pemikiran logis dan ilmiah.

3. Kecerdasan visual adalah kemampuan melihat suatu objek dengan detail.

4. Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan musik, irama, nada dan suara.

5. Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan menggabungkan gerakan fisik dan pikiran sehingga menghasilkan gerakan yang sempurna.

6. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk mengerti dan memahami orang lain.

7. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri.

8. Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengerti alam lingkungan dengan baik, kemampuan untuk memahami dan menikmati alam, dan mengenali berbagai jenis flora fauna dan fenomena alam lainnya.

10. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk merasakan keberagaman atau macam-macam seseorang.

11. Kesembilan kecerdasan tersebut perlu dikembangkan secara maksimal sejak usia dini agar bermanfaat bagi setiap anak tersebut.


Adapun kecerdasan majemuk terbentuk karena faktor :

1. Hereditas yaitu faktor bawaan dari keturunan. 

2. Lingkungan merupakan faktor yang berpengaruh besar untuk menghasilkan kemampuan fungsionalitas organ kecerdasan pada anak.

3. Nutrisi, asupan nutrisi merupakan salah satu faktor yang mendukung kecerdasan anak.

Jadi orang tua & Peserta didik, sangat perlu untuk mengetahui kecerdasan setiap anak atau dirinya. Karena jika salah dalam pemberian stimulus, maka kecerdasan tersebut bisa hilang atau terkubur oleh stimulus-stimulus yang lain dan bisa membuat anak terus-terusan beradaptasi dengan hal-hal baru yang bukan dalam bidang mereka. Dengan stimulus yang tepat dalam setiap kecerdasan, maka setiap anak akan mudah untuk melakukan dan mengeksplorasikan kecerdasan maupun bakat yang sudah mereka miliki.

Yuk, ukur kecerdasan Multiple Intelligence kalian pada link berikut Ini

Zahro, Alfin F. 2018. Mengenal Kecerdasan Majemuk. https://www.kompasiana.com/alvinzahro/5ae59a4dcbe5230abc21e442/mengenal-kecerdasan-majemuk-multiple-intelligence-pada-anak [online 01/09/2020]

Comments