Makna pembelajaran berdiferensiasi menurut pemahaman saya yaitu kegiatan pembelajaran dimana guru mencoba untuk menghadirkan design dan aksi nyata pembelajaran yang mengakomodir berbagai macam kebutuhan siswa yang beraneka ragam dan sekaligus membantu setiap murid untuk dapat menerima dan sekaligus mengembangkan potensinya dengan sebaik mungkin dalam kegiatan pembelajaran yang dihadirkan oleh guru.
Makna pembelajaran diferensiasi ini sangat sesuai dengan konsep pendidikan yang menuntun setiap kodrat anak berkembang optimal sesuai dengan kodratnya masing-masing. Menghargai dan mengakui adanya perbedaan satu dengan yang lainnya. Peran guru penggerak menjadi pemimpin pembelajaran sangat terlihat pada proses kegiatan pembelajaran berdiferensiasi, yang menghamba pada kondisi dan kebutuhan murid yang kompleks dan beraneka ragam.
Bagaimana sebuah pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan murid?
Pada konsep pembelajaran berdiferensiasi, kebutuhan murid dikelompokan menjadi kebutuhan akan readines, Minat belajar dan tentunya Profil belajar murid. Kegiatan pembelajarn berdiferensiasi mencoba memenuhi kebutuhan murid pada bagian bagian tersebut dengan menciptakan skenario pembelajaran yang mampu menghadirkan pelayanan pada pemenuhan ketiga kebutuhan tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara melakukan diferensiasi Konten, atau diferensiasi Proses dan atau mungkin melakukan diferensiasi produk dari kegiatan pembelajaran.
Kaitan dengan modul sebelumnya? jelas sekali dengan pembelajaran berdiferensiasi seorang guru sedang mencoba untuk mengembangkan kodrat kodrat tiap anak yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selain itu, dengan pembelajaran berdiferensiasi guru mampu menuntun benar-benar dengan segala hal yang dimiliki anak dengan berbagai macam cara.
Comments